Saturday 1 October 2011

Temukan Islam

Apa itu Islam?
Islam berarti mendapatkan perdamaian. Islam bukanlah agama baru. Muslim percaya bahwa Islam adalah kebenaran yang sama yang Allah nyatakan melalui para Nabi-Nya bagi setiap umat. Islam adalah sebuah cara hidup yang dilambangkan dengan perdamaian - damai dengan Allah, damai dengan diri sendiri dan damai dengan seluruh ciptaan Allah melalui penyerahan diri kepada Allah dan komitmen terhadap petunjuk-Nya. 

Siapa itu Muslim?
*)
Lebih dari satu miliar orang dari berbagai ras, kebangsaan dan budaya di seluruh dunia adalah Muslim - dari ladang padi Indonesia sampai padang pasir di jantung Afrika, dari gedung-gedung pencakar langit New York sampai tenda Badui di Arab.

Hanya 18% Muslim tinggal di dunia Arab; 20% hidup di Sub-Sahara Afrika, dan komunitas Muslim terbesar di dunia adalah di Indonesia. Beberapa bagian substansial di Asia adalah Muslim, sementara minoritas tetapi dengan jumlah yang signifikan hidup di India, China, Rusia, A
merica utara dan selatan, Eropa timur dan barat.

Apa yang Muslim Imani?
Muslim percaya kepada Allah Yang Esa, Tak Terbandingkan, Maha Penyayang - Pencipta, Pemelihara alam semesta; percaya pada malaikat ciptaan-Nya; percaya pada para Nabi yang melalui mereka wahyu-Nya disampaikan kepada manusia; percaya pada Hari Penghakiman (kiamat) dan pertanggung jawaban individu atas segala perbuatan; percaya pada otoritas penuh Allah atas takdir, baik itu baik atau buruk; dan percaya pada kehidupan setelah kematian

Muslim percaya bahwa Allah mengirim para Nabi dan Rasul-Nya untuk seluruh umat manusia; dan pesan terakhir Allah kepada umat manusia, yaitu berupa penegasan kembali dan penyempurnaan dari pesan abadi para Nabi sebelumnya, disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. 

Siapakah Muhammad?
**)
Muhammad SAW lahir di Makkah pada tahun 570, selama periode waktu dimana dalam sejarah Eropa disebut Abad Pertengahan. Muhammad adalah putra Aminah dan Abdullah, keduanya dari suku Quraisy. Dia adalah keturunan langsung dari Ismail, putra tertua Nabi Ibrahim. Ayah Muhammad meninggal sebelum ia lahir, dan ibunya meninggal ketika dia berusia enam tahun. Ia dibesarkan oleh kakeknya, seorang kepala Makkah, dan setelah kematian kakeknya, Muhammad diasuh oleh pamannya, Abu Thalib. 

Muhammad adalah seorang pengembala di masa mudanya. Saat ia tumbuh dewasa, ia terkenal karena kejujurannya, kemurahan hati, dan ketulusannya; dan mendapatkan gelar Al Amin (yang dipercaya). Muhammad sering diminta untuk menengahi sengketa dan nasihat bagi penduduk Makkah.

Pada usia 40, ketika sedang menyendiri dan berkontemplasi, Muhammad menerima wahyu pertama dari Allah melalui malaikat Jibril. Wahyu ini, yang turunnya berlangsung selama dua puluh tiga tahun, dikenal sebagai Al-Qur'an.

Muhammad mulai membacakan wahyu yang ia dengar dari Jibril, dan mengabarkan kebenaran yang Allah telah wahyukan kepadanya. Orang-orang Makkah dengan ketidak tahuan mereka menentang Muhammad dan beberapa pengikutnya dengan segala cara. Umat Muslim pada saat itu mengalami penganiayaan pahit. 

Pada tahun 622, Allah memerintahkan umat Muslim untuk beremigrasi. Peristiwa ini (hijrah), di mana umat Islam meninggalkan Makkah menuju kota Madinah-sekitar 260 mil ke Utara-menandai awal kalender Islam.

Madinah memberikan Muhammad dan pengikutnya, sebuah tempat yang aman di mana komunitas Muslim berkembang. Setelah beberapa tahun, Nabi dan para pengikutnya kembali ke Makkah dan memaafkan musuh-musuh mereka. Kemudian, Nabi mengembalikan fungsi Ka'bah (tempat suci yang dibangun Ibraham); Nabi dan pengikutnya membuang semua berhala dan menjadikan kembali Ka'bah sebagai tempat menyembah Allah. Sebelum Nabi meninggal pada usia 63 tahun, sebagian besar orang Arab telah memeluk Islam. Dalam waktu kurang dari satu abad, Islam telah menyebar ke Spanyol di barat, sampai timur jauh seperti China.

Apakah itu Al-Qur'an?
***)
Muslim percaya bahwa Al Qur'an adalah firman Allah SWT: catatan lengkap dari wahyu yang diungkapkan Allah melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad (SAW). Al-Qur'an dihafalkan oleh Nabi Muhammad dan pengikutnya, disampaikan kepada sahabat-sahabatnya, dan ditulis oleh para sahabat yang saling mengkoreksi kebenaran dan keasliannya selama masa hidup Nabi. Tidak satu kata pun dari 114 surah Al-Quran yang telah diubah selama berabad-abad. Al Qur'an adalah teks yang unik dalam setiap detailnya dan mukjizat yang diturunkan kepada Muhammad, empat belas abad yang lalu. 

Al Qur'an adalah sumber utama dari keyakinan tiap Muslim. Isinya berkaitan dengan semua urusan yang menjadi kebutuhan manusia, seperti wisdom, doktrin agama, ibadah dan hukum; tetapi tema dasarnya adalah hubungan antara Allah dan makhluk-Nya. Al Qur'an memberikan pedoman bagi masyarakat, bagaimana berperilaku yang baik dan juga prinsip-prinsip ekonomi yang adil. 

Sumber:
http://discoverislam.com
http://ahlulcilmi.com/view.php?id=4
http://caligraviislamic.blogspot.com/2011/03/kaligrafi-islam-muhamad-01.html


No comments:

Post a Comment